Pertamakali Buka Rekening Saham

Saya bukan typical orang yang gampang percaya investasi, sehingga diusia saya yang ke-38 th ini, saya masih belum berani memulai untuk berinvestasi saham. Saya dari kecil memang hobi menabung, namun sepertinya dengan inflasi yang makin tinggi, nilai riil uang ditabungan saya semakin tergerus. Tekad sejak 6 bulan yang lalu, saya harus mulai menabung saham.. Tapi ternyata setelah membaca buku mengenai saham, jika kita tidak tahu seluk beluk saham bisa jadi konsep menabung berubah menjadi judi.

Saya mulai mencari tahu cara menabung saham yang aman. Buku pertama yang saya baca adalah "Anak Muda Miliarder Saham" tulisan Andika Sutoro Putra. Buku yang cukup menarik dan mudah dibaca yang membuat saya sangat tertarik untuk memulai membeli saham. Namun buku ini tidak memberikan informasi secara gamblang bagaimana cara membelinya, bagi saya orang yang sangat awam, sungguh bingung kemana harus mencari. Baru setelah saya membaca buku "Ayo Menabung Saham" karya Ryan Filbert, akhirnya terbuka semua informasi mengenai cara dan dimana membelinya. Yuk kita sama-sama belajar, better late than never tho.

Saya pilih POEMS di www.poems.co.id sesuai dengan anjuran penulis. POEMS kepanjangan dari Phillip Sekuritas Indonesia, telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Silahkan pelajari sendiri bagaimana cara mengisinya. Jangan lupa siapkan fotocopy KTP, NPWP dan buku tabungan. Saran saya lebih baik rekening yang Anda sediakan sama Bank nya dengan rekening RDI. Hal ini untuk menghindari biaya transfer antar bank karena anda akan sering melakukan transfer untuk transaksi tabungan saham anda. POEMS memberikan 4 pilihan Bank, yaitu BCA, Mandiri, Permata dan Sinarmas. Silahkan pilih dan disesuaikan dengan rekening bank yang sama yang Anda miliki.

Jika Anda sudah mengisi semua yang disyaratkan, silahkan kirim hardcopynya ke alamat yang telah diinformasikan di website mereka. Dalam 2 minggu, Anda akan mendapatkan email nomor rekening baru atas nama Anda. Di email tersebut Anda juga akan mendapatkan Username, Password dan nomor PIN didalam file pdf yang disisipkan. Untuk membuka file pdf, diperlukan sebuah password. Password dokumen tersebut adalah sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun kelahiran Anda dengan format: ddMmMyyyy (contoh: 14 Februari 1970, maka password yang digunakan untuk membuka file pdf adalah (14FeB1970), dimana:
- dd: tanggal kelahiran Bapak/Ibu, contoh: 14
- MmM: tanggal kelahiran Bapak/Ibu, contoh : FeB
- yyyy: tahun kelahiran Bapak/Ibu, contoh: 1970

Silahkan melakukan transfer ke nomor rekening baru Anda untuk pertamakalinya sebesar minimal Rp. 500,000,-, lalu kirimkan bukti transfernya ke paymentinfo@phillip.co.id. Setelah bukti bayar diterima, Anda akan mendapatkan deposit confirmation.

Jika sudah mendapatkan nomor rekening dan nomor log-in, sekarang waktunya kita memilih saham. berikut pertimbangan saya dalam memilih saham

Note: Anda bisa menggunakan broker online mana saja yang Anda percaya. Saya hanya memberikan contoh broker online yang saya gunakan. 

Pilih saham yang masuk dalam daftar LQ 45
menurut wikipedia, LQ 45 adalah indeks saham gabungan yang berisi 45 emiten dengan tingkat liquiditas paling tinggi dengan syarat :
  • telah tergabung di 60 top perusahaan dengan market capitalization paling tinggi selama 12 bulan terakhir. Market capitalization sendiri pengertiannya adalah nilai atau harga perusahaan dihitung dari jumlah saham beredar
  • telah tergabung di 60 top perusahaan dengan nilai transaksi tertinggi dipasar reguler selama 12 bulan terakhir
  • telah tercatat di Bursa Efek Indonesia selama minimal 3 bulan;
  • memiliki kondisi keuangan, prospek pertumbuhan, dan nilai transaksi yang tinggi; serta
  • mengalami penambahan bobot free float menjadi 100% yang sebelumnya hanya 60% dalam porsi penilaian.
Anda bisa langsung melakukan cek saham mana yang masuk didalam index saham LQ 45 di website Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id
BEI me-release daftar saham yang masuk kedalam LQ 45 setiap 6 bulan sekali, yaitu periode Ferbuari - Juli dan periode Agustus - Januari.

Tinggalkan saham-saham dengan fluktuasi berlebih
Bila Anda ingin menghindari fluktuasi berlebih, jangan membeli saham sektor pertambangan dan agro yang sangat fluktuatif.
  • Agriculture: mencakup usaha di bidang tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa-jasa yang secara langsung terkait dengan bidang tersebut. Seperti: Crops, Plantation, Animal Husbandary, Fishery.
  • Mining: usaha di bidang pertambangan dan penggalian, seperti pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, biji logam, penggalian batu-batuan, tanah liat, pasir, penambangan dan penggalian garam, pertambangan mineral, bahan kimia, dan bahan pupuk, serta penambangan gips, aspal dan gamping. Seperti: Coal Mining, Crude Petroleum & Natural Gas Production, Metal and Mineral Mining, Land / Stone Quarrying
Pilih saham yang konsisten dalam memberikan dividen
Anda bisa mengunjungi website Bursa Efek Indonesia untuk melakukan cross check saham mana yang setiap tahun konsisten memberikan dividen. Sila dicek di www.idx.co.id dan masuk ke tab Data Pasar > Laporan Statistik > Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat. lalu masuk ke masing-masing saham.

Comments

Popular Posts